18 November 2011

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi

Buat yang sedang memilih jurusan, mencari informasi, atau sekedar ingin tahu apa saja yang dipelajari di jurusan Ilmu Komunikasi berikut saya tampilkan. Daftar ini hanya daftar semester 1, yaitu yang saya pelajari sekarang di UMN. 

Mengapa hanya semester 1?
Ternyata eh ternyata daftar mata kuliah yang ini berbeda dengan yang ditempuh senior-senior sebelumnya. Jadi agar tidak salah informasi, ini dulu yah..

Mata kuliah umum:
1. Bahasa Indonesia
2. Kewarganegaraan
3. Religiositas (Agama)
Ini adalah mata kuliah wajib yang dari SD kelas 1 awet nangkring dalam jadwal pelajaran, bahkan sampai sekarang. Bagi yang ingin menghindari mata kuliah ini setelah lulus SMA, urungkan minat anda. Semua jurusan semua universitas di Indonesia wajib mengadakannya karena sudah diatur oleh pengurus-pengurus level 'atas'.

Mata kuliah jurusan:
1. Pengantar Ilmu Komunikasi
Dasar-dasar komunikasi dipelajari disini. Mulai dari defiisi, sejarah, bentuk, model, dan pengembangan kompleksnya.

2. General English
Belajar bahasa Inggris memang wajib hukumnya, apalagi untuk mahasiswa, dunia kerja profesional tingkat tinggi mana yang ingin para pekerjanya buta bahasa asing sama sekali.

3. Creative and Critical Thinking
Mata kuliah anyar alias baru di UMN, menggantikan Pengantar Manajemen (kata senior). Lumayan unik, menggelitik dan menguras otak. Maklum, namanya juga "thinking". Intinya, kita belajar dan melatih diri berpikir kreatif dan kritis. Suatu tipe pemikiran yang jarang orang Indonesia  perdalami.

4. Creative Writing
Sudah terbayang? Jelas mata kuliah ini mencakup semua tentang dunia penulisan: fiksi (karangan) dan non fiksi (nyata). Menulis langsung puisi, cerpen, dan novel sudah ditugaskan hingga UTS. 

Pendapat saya hingga artikel ini ditulis (tepat sehari setelah UTS): 
Hectic, sometimes depressing, but overall those are great!

3 comments:

Unknown mengatakan...

anda juga kuliah jurusan komunikasi ya ? menurut anda gmna ilmu komunikasi itu ?
dan pandangan kedepan ilmu komunikasi itu apa saja ??

mengatakan...

Kalo bisa saya comont 2 mata kuliah terakhir, malah kalo bisa yang terakhir itu saya jadiin jurusan.hehehe. Thanks for sharing :)

Unknown mengatakan...

anda bersekolah dmana?

Posting Komentar

Comment please:

 
;